Monday 28 January 2013

Arti Penting Pendidikan Bagi Bangsa


Pendidikan menjadi hal yang paling sering menjadi sorotan, karena lewat pendidikanlah sesuatu perubahan dimulai. Penciptaan generasi muda yang memiliki kemampuan ilmu pengetahuan, yang mana dengan ilmu pengetahuan itu dapat melakukan pembangunan di segala bidang. Hal ini juga merupakan alasan umum mengapa pendidikan menjadi begitu penting. Pendidikan juga merupakan hak asasi manusia, hak setiap anak-anak dan juga hak kaum perempuan. Seluruh dunia telah sepakat bahwa pendidikan harus mendapatkan tempat yang setinggi-tingginya dalam setiap program-program pembangunan di negara manapun. Deklarasi universal tentang hak asasi pada tahun 1948 telah menempatkan hak memperoleh pendidikan menjadi salah satu prioritas. Secara singkat pendidikan dapat dirumuskan sebagai tuntunan pertumbuhan manusia sejak lahir hingga tercapai kedewasaan jasmani dan rohani, dalam interaksi dengan alam dan lingkungan masyarakatnya.
Melalui pendidikan manusia menyadari hakikat dan martabatnya di dalam relasinya yang tidak terpisahkan dengan alam lingkungannya dan sesamanya. Itu berarti, pendidikan sebenarnya mengarahkan manusia menjadi insan yang sadar diri dan sadar lingkungan.
Pendidikan merupakan kunci utama bagi bangsa yang ingin maju dan unggul dalam persaingan global. Pendidikan adalah tugas negara yang paling penting dan sangat strategis. Sumber manusia yang berkualitas merupakan prasyarat dasar bagi terbentuknya peradaban yang lebih baik dan sebaliknya, sumber manusia yang buruk akan menghasilkan peradaban yang buruk. Melihat realitas pendidikan di negeri ini masih banyak masalah dan jauh dari harapan. Bahkan jauh tertinggal dari negara-negara lain.
Proses pembenah dan perbaikan demi mewujudkan pendidikan yang lebih baik senantiasa gencar dicanangkan oleh pemerintah. Terbukti dengan pembenahan di bidang kurikulum pendidikan, manajemen pendidikan, peningkatan kualitas pengajar, sarana prasarana serta elemen-elemen yang dirasa sangat berperan penting. Meskipun belum maksimal dan menyaingi Negara-negara berkembang namun perlu disadari bahwa hal itu merupakan suatu usaha konkrit yag dilakukan pemerintah guna meningkatkan kualitas pendidikan agar lebih baik.

No comments:

Post a Comment